Jumat, 18 November 2016

Bagaimana Aku Bertaubat ?

(Izzahmuslim.com) – Saudaraku tercinta! Saya merasa anda ingin berkata,

Aku ingin kembali kepada Rabbku; Aku ingin bertaubat; Aku menyadari bahwa kebagiaan tidak terdapat pada mengikuti hawa nafsuku atau melakukan perbuatan dosa.
Selain itu, saya kira mungkin anda tidak mengetahui jalan untuk bertaubat, atau bagaimana memulainya.

Biarkan saya mengatakan kepada anda, bahwa ketika Allah menghendaki kebaikan kepada salah seoranghamba-Nya, Dia akan memudahkan jalan bagi hambauntuk membantunya meraihnya.
Sumber : https://pixabay.com/en/sunrise-space-outer-globe-world-1756274
Berikut ini ada beberapa
hal yang dapat membantu anda untuk bertaubat:

Ikhlas dalam niat dan bersungguh-sungguh dalam taubatmu, karena Allah akan menolongmu dan menjauhkanmu dari rintangan-rintangan yang akan
menghambatmu dalam melakukan taubat.

Allah berfirman :
“Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya
kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu
termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.” (QS Yusuf : 24)

Bertanggung jawab terhadap apa yang anda lakukanmenunjukkan penyesalan dan mendorong anda untuk melakukan amal kebaikan, menolongmu menahan diri dari keburukan dan menolongmu untuk memperbaiki apa yang telah berlalu.

Mengingatkan diri, menasihati jiwa, takutilah ia dengan adzab dan katakan kepadanya: “Bertaubatlah sebelum engkau mati, karena kematian datang dengan tiba-tiba,” ingatkanlah dirimu dengan kematian kerabatmu, dan ingatlah bahwa kematian akan mendatangimu tidak perduli apapun yang anda lakukan. Kubur akan menjadi tempat tinggalmu, tanah akan menjadi kasurmu, dan cacing-cacing akan menjadi temanmu.
Tidakkah anda takut malaikat maut akan datang kepada anda ketika anda sedang melakukan perbuatan
dosa? Apakah penyesalan akan membawa kebaikan bagimu? Apakah tangisan dan kesedihan akan membawa manfaat?

Jauhkanlah dirimu dari tempat-tempat maksiat, menjauhkan diri dari tempat-tempat di mana anda sebelumnya melakukan dosa membantu anda untuk bertaubat.

Menjauhlah dari kawan-kawan yang buruk, kaena anda akan terpengaruh oleh kebiasaan mereka, dan ketauhilah bahwa mereka tidak akan meninggalkanmu sendirian, karena syaithan akan mengejar mereka,
membimbing mereka dan mendorong melakukan  kejahatan. Gantilah nomor telepon anda, alamat anda jika memungkinkan, dan jalan yang biasa anda gunakan.

Ingatlah akibat buruk dari perbuatan dosa, karena ini
akan membantu anda sungguh-sungguh terhindar dari dosa sejak awal, dan kemudian bertaubat dari padanya.

Tunjukkanlah diri anda kepada surga, dengan cara mengingat akan keagungan surga dan apa yang Allah   sediakan di dalamnya bagi orang-orang shalih yang bertakwa; ingatkan diri anda akan neraka dan apa yang
Allah siapkan di dalamnya bagi orang-orang yang durhaka kepada-Nya.

Sibukkan diri anda dengan apa-apa yang bermanfaat bagi anda dan hindarilah duduk santai, karena jika anda tidak menyibukkan diri anda dengan apa yang berharga, akan menyebabkan anda disibukkan untuk melakukan perkara yang buruk. Bahkan, kesenggangan
akan membawa anda untuk mencari teman, meskipun itu teman yang buruk.

Lawanlah hawa nafsumu, karena hawa nafsu adalah sesuatu yang paling berbahaya, dan itulah sebabnya

Allah berfirman:
“Terangkanlah kepadaku tentang orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya. Maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya?,.”
(QS Al-Furqan : 43)

Sumber : Jalan Menuju Taubat
Alih Bahasa : Ummu Abdillah al-Buthoniyyah

Load disqus comments

0 komentar